Selasa, 14 April 2009

Caleg Artis penghasil suara terbanyak

Fenomena partai butuh artis sekarang sudah termentahkan dengan banyaknya artis yang terjun ke pertai politik itu sendiri, bisa dikatakan sekarang artis butuh partai. Di samping kepopuleran mereka yang yang sudah mereka peroleh dari dunia keartisan mereka, giliran mereka terjun kepolitik mendapat sambutan positif lagi. walhasil sekarang sudah tebukti kepopuleran mereka cukup berpengaruh dalam hasil mereka memperoleh suara.


Adjie Massaid, caleg Demokrat di dapil Jatim II (Pasuruan dan Probolinggo). Pria dengan nama asli Chandra Pratomo Samiadji Massaid itu memimpin perolehan sementara dengan 476 suara. Raihan itu yang terbanyak di antara caleg Demokrat lain. Namun, berbeda dengan Adjie,

Penyanyi Emilia Contessa, caleg DPR RI dari PPP yang juga bertarung di Jatim II, untuk sementara hanya berada di tempat ketiga dengan 12 suara.

Angelina Sondakh, caleg Demokrat di Jateng VI, juga unggul dari caleg sesama partainya. Pacar Adjie Massaid itu meraih 272 suara. Mantan Putri Indonesia itu sangat berpeluang kembali melenggang ke kursi Senayan untuk kali kedua.


Artis Rieke Diah Pitaloka yang mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari PDIP juga tidak bisa menutupi kebahagiaannya. Pemeran Oneng dalam sinetron Bajaj Bajuri itu saat ini unggul atas politikus senior dari partai yang sama, Taufiq Kiemas, dari daerah pemilihan Jabar II (Bandung dan Bandung Barat).


Artis Vena Melinda juga mengaku terkejut dengan posisinya di urutan kedua perolehan suara caleg Partai Demokrat untuk dapil Jatim VI. Posisinya persis di bawah Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum. "Di situ (dapil VI) kan juga banyak politikusnya," kata Vena. Selain Anas, nama Sekjen PDIP Pramono Anung juga bersaing di dapil itu.

Di dapil Jabar I, Marissa Haque berada di posisi satu perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 260 suara, (data KPU Jabar pukul 20.30 WIB 356).

Tengku Firmansyah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh 127 suara.


Penyanyi Theresia Pardede (Tere) dari Partai Demokrat hanya meraih posisi empat dengan 212 suara. Posisi teratas diraih mantan Ketua DPD PD Jabar Adjeng Ratna Suminar dengan 1.399 suara. Artis lain yang memperoleh suara cukup tinggi adalah Rachel Mariam Sayidina dari Partai Gerakan Indonesia Raya (249) dan Derry Drajat dari PAN (147).

di dapil Jabar IV, artis Inggrid Kansil dari PD yang tidak memiliki pesaing artis meraih 1.228 suara.

Dapil V banyak diisi politisi senior. Mereka yang meraih suara terbanyak di antaranya Airlangga Hartarto dari PG (1.439), Ketua DPRD Jabar H.A.M. Ruslan dari PG (1.396), dan Max Sopacua dari PD (3.548). Sementara artis Marini K.S. atau Marini Zumarnis dari PAN meraih posisi teratas dengan 651 suara.

PG meraih 13.060. Artis lain yang mendulang suara di antaranya Tito Soemarsono dari PAN (126), dan El Manik dari Partai Matahari Bangsa.

Sedangkan artis Eko Hendro Purnomo atau yang dikenal dengan Eko Patrio mendapat 15 suara di Partai Amanat Nasional untuk dapil 8 (Jombang, madiun dan Mojokerto).


Mandra atau Andi Anzhar adalah caleg PAN nomor urut 1 yang memperoleh 234 suara.
Di dapil DKI Jakarta I ini, Perolehan suara Ketua DPR Agung Laksono yang jauh di bawah Mandra, ditanggapi tenang oleh Ketua DPP Partai Golkar ini.

Agung bersaing ketat dengan caleg PAN nomor urut 1, Mandra. Namun demikian, Agung tetap optimistis sampai Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai menghitung perolehan suara nasional.

Suara diatas tadi belum penghitungan final dari KPU, untuk proses lebih lanjut bisa anda ikuti perkembangannya. Berikut daftar2 nama-nama artis caleg. Siapapun artis yang terpilih semoga kinerja mereka tidak kejar tayang.

Hanura
Gusti Randa
Anwar Fuadi
Elsa Syarif ( pengacara kondang )

Gerindra :
Tesa Mariska (Dapil Jatim...)

PAN
Eka Sapta Nugraha, Riau I no urut 4
Mara karma Thaib, Riau II no urut 2
Ir. H. Adrian Maulana Djambek, Sumbar II No urut 3
Mesayu Aliza S.P (Ita Mustafa), Dapil Sumsel I No urut 3
Popy Maretha, Lampung I No urut 4
Irene Librawati, Lampung II No urut 3
Drs Ahmad Zulfikar Fauzi (Ikang Fawzi), Banten I no urut 1
Maylaffaiza Wiguna, Banten III no urut 3
H. Mandra YS, DKI I no urut 2
Henidar Amroe, DKI II no urut 3
Raslina Rasidin, DKI III no urut 1
Derry Drajad, Jabar II no urut 3
Lucky Emuardi AR, Jabar III No urut 4
Marini KS (Marini Zumaris), Jabar V No urut 2
Ferry Soraya, Jabar VI no urut 4
H Taufik Hidayat (Tito Sumarsono), Jabar VII, No 2.
Primus Yustisio, Jabar IX No urut 9
Sri Wulandari (Wulan Guritno), Jateng III, No urut 1
Cahjono, Jatim III No urut 1
Intan Savila, Jatim IV No urut 3
Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), JatimVIII, no urut 1

Golkar
Jeremy Thomas, Riau I no urut 3
Tantowi Yahya, Sumsel I no urut 1
Nurul Arifin S.Ip. MSi, Jabar VII no urut 1

PPP
Ratih Sanggarwati, Jatim I no urut 1
Okky Asokawati, DKI II no urut 2
Feryy Irawan,
Evi Tamala (Cucu Suryaningsih), Jabar X no urut 2
Mieke Wijaya,
Emilia Contessa, jatim II no urut 5
Marissa Haque Fawuzi, SH, MHum, Jabar I no urut 2
Kristina.
Denada, Jatim V no urut 2

Partai Damai Sejahtera
Thessa Kaunang,
Ricky Jo,
Tamara Geraldine,
Ronny Pangemanan

PDI-P:

Miing Bagito,
Rieke Dyah Pitaloka,
Eddo Kondologit,
Sonny Tulung.

Partai Demokrat:
Venna Melinda,
Tere,
Angelina Sondakh, Jateng VI no urut 1
Adjie Massaid.

update:
selengkapnya ke-15 caleg artis yang lolos menjadi anggota DPR RI 2009-2014 seperti yang dilansir Okezone.com adalah sebagai berikut:

* Tere alias Theresia EE Pardede (Demokrat, Jabar II)
* Ingrid Maria Palupi Kansil (Demokrat, Jabar IV)
* CP Samiadji “Adji” Massaid (Demokrat, Jatim II)
* Venna Melinda (Demokrat, Jatim VI)
* Komar alias Nurul Qomar (Demokrat, Jabar VIII)
* Angelina Sondakh (Demokrat, Jateng VI)
* Ruhut Sitompul (Demokrat, Sumut II)
* Tantowi Yahya (Golkar, Sumsel II)
* Nurul Arifin (Golkar, Jabar VII)
* Tetty Kadi Bawono (Golkar, Jabar VIII)
* Rieke Diah Pitaloka (PDI-P, Jabar II)
* Miing Bagito alias Tubagus Dedi Suwendi Gumelar (PDI-P, Banten I)
* Eko “Patrio” Hendro Purnomo (PAN, Jatim VIII)
* Primus Yustisio (PAN, Jabar IX)
* Jamal Mirdad (Partai Gerindra, Dapil Jateng I)
* Rachel Mariam Sayidina (Gerindra, Jabar II).

Dari ke -15 anggota legislative artis [sudah bukan caleg artis lagi] hanya tiga orang yang sebelumnya sudah duduk di DPR yaitu Adjie Massaid, Angelina Sondakh dan Komar, yang lainnya adalah para pendatang baru. Dari kesekian pendatang baru tersebut beberapa diantaranya memang sudah aktif di partai seperti Ruhut Sitompul, Tantowi Yahya, Nurul Arifin dan Rieke Diah Pitaloka. Artis yang sebelumnya sudah duduk di legislative ataupun sudah aktif di partai mungkin tidak akan kagok saat menjadi anggota dewan nanti. Namun artis yang lain?

Rachel Maryam misalnya, dia bahkan tidak tahu apa beda anggota DPR dengan anggota DPD walaupun dia berkali-kali menyebut kata-kata legislasi. Saia jadi curiga arti legislasi pun jangan-jangan dia tidak tahu. Hal itu terjadi saat acara debat caleg di salah satu TV. Beruntung saat itu ia dibantu kompetitornya, Mutia Hafidz dari Golkar yang akhirnya menjawab pertanyaan itu.

Ada juga Eko Patrio yang entah apa ambisinya menjadi anggota dewan meskipun konon ia sarjana. Masalahnya saat ini ia masih tenar dan secara financial sudah lebih dari cukup. Kalau diperhatikan artis-artis yan jadi caleg adalah artis yang bintangnya sudah redup. Si Eko ini lain karena bintangnya masih bersinar. Motivasi jadi caleg pun tidak jelas. Saat menjadi bintang tamu acara Republik BBM pun tampak lebih sering bercanda daripada seriusnya. Padahal menjadi anggota DPR bukan bahan bercandaan.

Kalau dipetakan menjadi antara yang berpengalaman di politik dan tidak maka artis yang berpengalaman di politik adalah Adjie Massaid, Komar, Angelina Sondakh, Ruhut Sitompul, Tantowi Yahya, Nurul Arifin, Rieke Diah Pitaloka dan Miing. Sisanya yaitu Tere, Inggrid Kansil, Venna Melinda, Tetty Kadi, Eko Patrio, Primus, Jamal Mirdad dan Rachel Maryam boleh dibilang kurang berpengalaman di politik. Kebetulan perbandingan antara yang berpengalaman dan kurang berpengalaman seimbang.

Satu hal yang menjadi keprihatan pengamat politik J. Kristiadi seperti yang dilansir dari Okezone.com adalah artis-artis tersebut dipastikan tidak akan membawa perubahan di DPR. Faktanya artis-artis yang di periode kemarin menjadi anggota DPR hanyalah sebagai pelengkap anggota DPR dan hampir tidak mendapat peran yang strategis. 16 orang dari total 560 anggota DPR sebenarnya sedikit. Kalau dipersentasekan paling hanya sekitar 2,8%, namun karena pangkat keartisan mereka maka perhatian public pasti akan ke meraka. Kita tunggu saja apakah mereka bisa membawa prubahan di DPR atau di Indonesia pada umumnya.

sumber
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=69493
http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=63119
http://forum.detik.com/showthread.php?t=66823
http://pemilu.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/04/14/267/210454/kalah-dari-mandra-agung-optimistis-ke-senayan
http://www.kapanlagi.com/h/mandra-sementara-masih-peroleh-121-suara.html
http://yasiralkaf.wordpress.com/2009/05/17/komentar-atas-caleg-artis-dpr-ri-terpilih/

Perlu di Baca Juga Nih...



Comments :

13 komentar to “Caleg Artis penghasil suara terbanyak”

Weleh2.. kumplits lah.. :))

aidicard mengatakan...
on 

bah udin niti....katuju wan caleg artis sakalinya ,biar gambut hibak wan artis kalo?

mancaracat mengatakan...
on 

saya sepakat dengan Artis yang jadi caleg. Paling tidak saya tidak perlu cemas ketika memberikan suara, wong mereka dah kaya, jadi kemungkinan untuk korupsi bisa berkurang

syafwan mengatakan...
on 

hee..

jadi artis za ngalih nah..
jadi caleg bisa stress mun handak jua :D

manusiahero mengatakan...
on 

saya hampir ketawa waktu pertama kali baca artikel ini; soalnya waktu baca saya sempat ambil napas dulu lalu ada kalimat yang terpotong. Kalimat itu adalah;

Fenomena partai butuh

hariesaja mengatakan...
on 

@aidi: lain jamu komplit wa ae :f

@caracat: katuju kada jua pan, tapi tatamu tarus hari2 wan artis (di tivi):s

@safwan: doakan saja deh. tetapi sudah jadi insting manusia selalu kurang dan jarang bersukur

@dillah: ai jangan stress ikam dil ae. kawin balum kalo?:))

@bang hari: nah ya am, kira2 lawas kada setor wan mamanya saku neh:))

12345 mengatakan...
on 

:@ binun dah,... politik mulu........

:s artis jadi caleg..... :D sah-sah aja...

Kodoy|Net|Blog mengatakan...
on 

makanya byk partai ngajak artis nyaleg...modal tenar sih...

nasrudin ansori mengatakan...
on 

mga2 aja mereka bukan artis biasa....

Unknown mengatakan...
on 

abis sensus ya om.. hehe..

snepylone mengatakan...
on 

he he he..kayake rakayt skarng lbh seneng artis dr pd politisi

wayan mengatakan...
on 

http://wayan.web.id/tukeran-links-blog-yuck

wayan mengatakan...
on 

Marissa HAque dan Ikang Fawzi alhamdulillah masuk keduanya ke Senayan

The Author mengatakan...
on 

Posting Komentar