Minggu, 18 Januari 2009

Singgah di Gambut


Gambut My City memang kedengarannya agak berlebihan bila di lihat dari sisi geografis atau di pandang dari sisi pembangunannya. Namun kita harus optimis bahwa Gambut kita akan bisa maju, tidak hanya menjadi sebuah tempat persinggahan bagi orang-orang yang ingin makan “Nasi Gambut” tapi bisa jadi sebuah daerah tujuan yang potensial baik itu dari sisi ekomoni dan sosial.
Secara administratif Kecamatan Gambut merupakan bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Banjar yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kertak Hanyar. Secara lokasional, wilayah ini juga sangat strategis karena dilalui jalan utama regional yaitu Jalan Arteri Primer dan simpul persimpangan Jalan Arteri Primer Ahmad Yani - Trans Kalimantan dari kawasan Handil Bakti.
Kawasan sepanjang Jl A Yani di wilayah ini berkembang berbagai kegiatan antara lain industri, perdagangan dan jasa skala regional. Di kawasan ini juga dapat dikembangkan pertanian dengan sistem irigasi teknis. Pertanian ini juga dapat difungsikan sebagai kawasan hijau kota.
Kecamatan Gambut mempunyai luas wilayah 12.930 hektar, yang merupakan 2,77 persen dari luas Kabupaten Banjar. Berdasarkan Tata Ruang Kecamatan Gambut, persediaan tanah yang dapat diusahakan sebagai lahan pemukiman dan pertanian (sawah) seluas 8.632 hektar, sedangkan sisanya kurang lebih 4.267 hektar merupakan sebaran hutan kerangas dan yang mempunyai ketebalan gambut dalam yang menjadi faktor pembatas dalam pemanfaatannya.
Dengan topografi lahan gambut, kecamatan Gambut merupakan wilayah resapan air yang sangat luas, namun hal itu akan mengalami perubahan yang sangat serius dan tidak akan bertahan lama lagi sebagai resapan air dengan semakin pesatnya pembangunan pemukiman beserta sarana dan prasarananya dengan cara melakukan pengurukun.
Sebagai suatu wilayah, dengan 33 persen wilayahnya mempunyai faktor pembatas dalam pemanfaatannya sehingga lebih dibiarkan sebagaimana adanya, memang masih dalam batas yang dianggap aman dalam pemanfaatan lahan di suatu wilayah.

Disadur dari berbagai sumber

Perlu di Baca Juga Nih...



Comments :

3 komentar to “Singgah di Gambut”

Gambut... Gambut.....

Anonim mengatakan...
on 

hibak sudah fir.. tarik firr...

12345 mengatakan...
on 

wah keren....semakin membuat saya mengenal negeri tercinta Indonesia.

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar