Kamis, 21 Mei 2009

Web Aku Terkena Malware

Kira-kira 3 minggu yang lewat saya mendapati indeks SEO web saya www.rumahsemut.co.cc di google turun tragis, di iringi dengan koment kawan-kawan yang lain yang mengatakan web saya bermalware. Mula nya saya tidak terpengaruh dengan hal tersebut, wajar lah mengingat anti virus saya tidak mendeteksi kejanggalan tersebut maklum anti virusnya dah jadul meskipun terupdate. Sampai puncaknya ketika owner pakacil.com kasih koment gini;

Nampaknya ada memiliki elemet dari site nipkelo.net, yg nampaknya meng-host malware-software yg dapat dikatakan berbahaya. Demikian kata alarm keamanan saat mengunjungi rumahsemut.co.cc.

Alangkah baiknya periksa seluruh script yang digunakan, dan cari keterkaitannya dengan nipkelo.net tersebut, untuk kemudian jangan digunakan.



Saya katakan sudah saatnya mencari biangmasalahnya, Singsingkan lengan baju, menjadi sherlock holmes gadungan dengan pengetahuan yang minim tentang web, pencarian bakat itu pun dimulai. Mulai menghapus antivirus lawas dengan yang baru dan gratisan. Dan berhasil ternyata bisa terdeteksi dengan baik.



Ternyata tidak mudah mencari script yang berhubungan. setelah dicari disegala lini, ganti plugin, hapus thema dll dst. Ternyata hasilnya nihil

Tak menyerah mencari si penyebab masalah, tanya sana tanya sini tak begitu membuahkan hasil, eh ternyata jawabannya sudah ada di google.com (keywordnya: web aku terjangkit malware)

Mulai mencek semua file yang ada di dalam server (gratisan) dengan menggunakan aplikasi Filezilla dan ketemu si “ulat bulu” itu bersemanyam dengan nyamannya di lorong index (dalam folder public_html) dan langsung di saya hapus deh.




Entah siapa orang yang nularin dan kurang tau modus apa yang ingin dijalankan sicript 'ulat bulu" ini, yang jelas url websitenya udah ditutup dan dikasih lebel bahaya.



Lalu kemudian saya mengubah password Cpanel (kudu wajib nih, soalnya webnya kan di hack)
Bagi yang rajin bisa nambahin tutor ini lagi

- Update wordpress, software, plugin, dan blog Anda ke versi paling baru

- Apabila anda punya folder banyak di server Anda, anda bisa pakai cara pembersihan otomatis. Katanya Ada scriptnya bisa didownload di sini, dan juga tutorialnya.

- Kasus-kasus serupa bisa dilihat di Forum Digital Point seperti di sini, juga di Forum WordPress seperti di sini atau ada tutorial lain lebih lengkap untuk kasus yang agak beda di sini atau reference dari blog ShoeMoney dengan kasus hampir mirip di sini dan lain-lain tentu di Google.com

Akhirnya web www.rumahsemut.co.cc kembali bernafas dan kembali mengikuti jejak sang inspirasinya duniaeby.com.

Jangan lupa berkunjung ya…

Yang jam terbangnya tinggi (bukan burung) tolong kasih tambahan

Perlu di Baca Juga Nih...



Comments :

7 komentar to “Web Aku Terkena Malware”

selamat ya... kalau rumah semutnya sudah beres.

salah satu layanan online yang bisa digunakan untuk ngecek adalah:
h--p://www.unmaskparasites.com/

tapi rata² AV sekarang juga sudah mendukung safe browsing, lebih aman jadinya

Pakacil mengatakan...
on 

Wah dah beres juga akhirnya sory ya kemaren nggak bisa bantu soalnya ane lagi lembur kemaren dan belum pengalaman juga nyari source codenya :f

Anonim mengatakan...
on 

Mungkin hasil dari income sampeyan di rumahsemut.co.cc tuh kada sampeyan Zakati, makanya jadi gitu

Pengangguran Menulis Mimpi mengatakan...
on 

Pelajaran buat semuanya.. moga nggak terulang lg..

Oiya sekedar saran, mending didalam folder /wp-content/plugin/ dan /wp-content/themes/ dimasukin file kosong yg namanya index.html jd isi dari kedua folder itu ndak keliatan..

CMIIW

aidicard mengatakan...
on 

seppppppppp...

manusiahero mengatakan...
on 

tx all atas komentarnya.. semoga tidak terulang lagi baik itu di web saya atau di web anda :x

12345 mengatakan...
on 

wah, mesti lebih hati-hati neh..
:@

salam kenal..
tukeran link yuk..
udah aku pasang..
konfirm yah..
thx

nupho mengatakan...
on 

Posting Komentar